DO NOT MISS

Action

Tuesday 18 August 2015

Project 5: Mengganti Langit dengan Skybox Pada Unity 3D


Game yang kamu buat menggunakan Unity bisa saja memiliki langit dengan mood tertentu. Nah, untuk mengganti tampilan langit kamu bisa melakukannya dengan bantuan Skybox.
Untuk memasang skybox kamu harus memeriksa dahulu di dalam project window, apakah sudah menyertakan package Skybox ketika pertama kali kita memulai project. Jika belum kamu bisa menggunakan Skybox dengan mengklik menu Assets > Import Package > Skybox.
skybox1

Ada dua cara memasukkan Skybox, yaitu lewat kamera dan satu lagi lewat scene  sebagai default setting.
Camera yang akan kita berikan Skybox adalah kamera yang terdapat di dalam First Person Controller. Di sini kamu pilih main cameranya dan masuk ke  menu Component >Rendering>Skybox. Selanjutnya di dalam inspector window main camera, akan terlihat component skybox, tinggal klik lingkaran kecil untuk memilih jenis material Skybox yang kamu inginkan.
skybox2
Ketika kita menjalankan projeknya, akan langsung terlihat perubahan di langit.
skybox3
skybox4
Kamu juga bisa mengexpand folder Skybox dan memilih jenis material yang ada, lalu drag and drop ke dalam component Skybox di  inspector window. Untuk main cameranya gunakan First Person Controller.
skybox5
Ada cara kedua untuk memasukan Skybox tanpa melalui main camera dari first person controller, yaitu dengan mengklik menu ‘Edit > Render Setting’.  Tapi di sini kamu harus menghapus/remove component skybox yang ada di dalam main camera first person controller.
Di dalam tampilan render setting, kamu tinggal memasukan material kedalam kolom Skybox. Keuntungannya adalah kamu bisa langsung melihat Skybox tanpa harus menjalankan / play project terlebih dahulu.
skybox6

Post a Comment

Diharapkan jangan berkata-kata yang kurang enak, karena itu akan mengganggu orang yang membacanya, dan berikan saran anda jika blog kami masih kurang berkenan.

terimakasih,

Admin

 
Copyright © 2014 Forum Mini Ku. Designed by Forum Mini Ku