DO NOT MISS

Action

Tuesday 18 August 2015

Project 2: UNITY3D Test Level Design


Sebelum berlanjut mendesign level, kita harus test / mencoba level kita dengan karakter FPC (First Person Controller), yang bisa kamu dapatkan di asset dalam folder Character Controllers. Di situ bisa dilihat ada 2 jenis Character Controllers yaitu First Person Controller dan 3rd Person Controller.
Coba kamu drag First Person Controller ke area terrain yang datar, nah ketika pertama kali mendrag First Person Controller, kamu lihat bahwa posisi First Person Controller agak tenggelam setengah di dataran / surface area dari terrain, tekan huruf “W”, untuk mengaktifkan Move Gizmo dan drag First Person Controller naik di atas permukaan terrain. Sebelum dalam keadaan First Person Controller terpilih kamu bisa tekan huruf “F” untuk zoom in ke First Person Controller.
unity_3_a




unity_3_b
Di dalam Hierarchy kamu perhatikan bahwa kita mempunyai  GameObject First Person Controller yang berupa Prefab. Karena di dalamnya terdapat gameObject lain seperti Graphics dan Main Camera, maka untuk memilih semua kesatuan First Person Controller, kamu harus dalam posisi memilih First Person Controller di dalam hierarchy. Setelah kita memasukan First Person Controller ke dalam area terrain, kamu bisa langsung mencoba gamenya dengan mengklik tombol “Play”.
unity_3_c


Area yang kamu lihat melalui First Person Controller tentunya gelap, karena memang kita belum memberikan cahaya atau lampu di dalam area kita. Tetapi sebelum kita lanjutkan, coba lihat di bagian bawah. Di sana terdapat mini “Console” yang memberikan keterangan error pada level design game kamu.
unity_3_d

Di contoh ini ada peringatan bahwa terdapat 2 buah audio listener di dalam project, dan itu tidak diperbolehkan oleh Unity. Kenapa ada 2? Karena di setiap “Main cCamera” terdapat 1 buah audio listener di dalamnya sebagai component, dan kita mempunyai 2 buah main camera, satu camera project dan satu lagi camera yang ikut serta di dalam First Person Controller. Nanti kita harus menghapus main camera project.
Oke, setelah kamu menghapus main camera project, sekarang kita akan memberikan cahaya dengan “Directonal light” yang bisa kamu dapatkan di menu GameObject > Create Other >Directional Light.
Directional Light merupakan lampu yang mirip matahari sehingga mempunyai cakupan area yang luas.
Tekan kunci “E” untuk merotasi Directional Light mengarah ke bawah sehingga cahayanya menyebar rata di permukaan.
Tekan lagi tombol Play dan sekarang area terrain kita sudah terang benderang.
Untuk mengoperasikan First Person Controller kamu bisa menggunakan kunci “W” untuk maju, kunci “A” untuk kiri, “D” untuk kanan dan “S” untuk mundur. Untuk lompat gunakan kunci “Spacebar”.
Periksa bagian area yang agak susah untuk dilalui sehingga kamu masih bisa mengoreksinya di tools terrain.
unity_3_e
Tips untuk  kamu: Ketika  menjalankan First Person Controller, dan dirasakan terlalu lambat, kamu bisa menambah kecepatannya. Sementara di bagian inspector window, pilih dahulu First Person Controller, lalu di inspector window  lihat daftar component yang ada. Di situ ada component dengan nama Character Motor. Pada bagian movementnya ubah ukuran forward, sideways dan backwards speed menjadi lebih besar, misalkan 20. Jangan lupa kembalikan ke nilai semula jika sudah selesai menggunakan First Person Controller.

Oke, cukup dulu belajar untuk sesi ini. Selamat mencoba dan sampai bertemu lagi di sesi-sesi berikutnya.

Post a Comment

Diharapkan jangan berkata-kata yang kurang enak, karena itu akan mengganggu orang yang membacanya, dan berikan saran anda jika blog kami masih kurang berkenan.

terimakasih,

Admin

 
Copyright © 2014 Forum Mini Ku. Designed by Forum Mini Ku